Suksesnya National Start-Up Competition 2024: Membangun Generasi Pengusaha Gen-Z yang SMART bersama S1 Manajemen UNESA
Pada tanggal 20 Oktober 2024, Manajemen Unesa sukses menyelenggarakan Acara bergengsi tingkat Nasional, yaitu National Start-Up Competition 2024 yang bertempat di Auditorium G6 FEB Unesa. NSC 2024 mengusung tema "Building Innovative Mindset of Gen-Z to Create SMART (Sustainable, Meaningful, and Creative) Entrepreneurs through Start-Up for Digital Economy Transformation.” Acara ini diikuti lebih dari 250 mahasiswa/I di seluruh Indonesia, mereka memberikan ide start-up yang luar biasa.
Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peluang dan tantangan kepada gen-Z dalam menghadapi transformasi ekonomi digital. Sehingga, bisa menciptakan pengusaha muda yang cerdas, kreatif dan inovatif. Selain itu, juga bertujuan untuk membentuk jiwa entrepreneurship, critical thinking, dan problem solving dalam diri peserta, memahami penyebab startup terkena tech winter dan bagaimana cara menghindarinya, mengimplementasikan prinsip-prinsip bisnis berkelanjutan pada startup. Serta, memberikan pemahaman kepada Gen-Z tentang peluang dan tantangan menghadapi transformasi ekonomi digital.
Grand Final National Start-Up Competition 2024 merupakan tahapan akhir setelah melalui tahapan seleksi Business Lean Canvas, Full Paper, dan kelas online. Acara ini dihadiri oleh 15 finalis yang terdiri dari berbagai Universitas di Indonesia. Pada GF NSC 2024, dihadiri oleh dewan juri yang terhormat, yaitu Bapak Arief Budiono, ST., M.M dan Ibu Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si. Grand Final National Start-Up Competition 2024 dibuka oleh Pendamping Organisasi Mahasiswa prodi Manajemen FEB Unesa, yaitu Bapak Bima Yatna Anugerah Ramadhani, B.Ba, M.M. Sambutan dari Saudara Reyhan Ahmad Hafidz selaku Ketua Himpunan Prodi Manajemen FEB Unesa dan sambutan dari saudari Tina Nur Fadilah selaku ketua pelaksana National Start-Up Competition 2024, juga turut memeriahkan acara ini. Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para juara dan finalis, acara ini ditutup oleh sambutan dari Ibu Yuyun Isbanah, S.E., M.SM selaku koordinator program studi Manajemen FEB Unesa.
Diharapkan, kegiatan ini dapat menciptakan pengusaha muda yang cerdas, kreatif dan inovatif, menciptakan startup yang berkelanjutan, menciptakan jiwa entrepreneurship, critical thinking dan problem solving bagi para peserta. Serta, membentuk jiwa pengusaha muda yang cerdas, berguna bagi sekitar, dan kreatif. Sehingga, terciptalah bisnis yang tidak hanya fokus pada profitable (keuntungan) namun juga sustainable (berkelanjutan) dan dapat memecahkan masalah dengan solusi yang tidak terbatas.
Acara ini mendapatkan dukungan dari berbagai sponsor yang berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan ini, yaitu Belikopi, Wardah, Kahf, Surabaya Card, Jagoanhosting, CV Serasan Oniex, IM3, Imperial Digital Printing, Kitalulus, Zeerent Sewa HT Sidoarjo, dan Toast Lab. Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan yang diberikan, sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi semua peserta.